[Di Sekolah]
Hari Senin pun tiba. Ayla bangun di pagi hari, melakukan rutinitas seperti biasa. Bersiap-siap untuk pergi bekerja. Pekan ulangan di sekolah sudah selesai, seluruh soal ulangan sudah diperiksa dan dinilai. Tinggal menentukan nilai rapor dan beberapa ulangan susulan bagi anak-anak yang tidak masuk kemarin. Jadinya Ayla bisa lebih santai. Hari-hari di sekolah Ayla lalui dengan enjoy. Ayla sibuk menulis cerita. Iya, sekarang kegiatan menulis ceritanya dipindahkan ke siang hari. Pokoknya dikala gabut, Ayla akan menyicil nulis, biar tidurnya gak terlalu malam. Karena Ayla udah komitmen mau nulis setiap hari, maka dia juga harus berusaha mengatur waktu.
Sambil sibuk menulis, Ayla mendengarkan dan sesekali ikut nimbrung saat rekan-rekan bapak dan ibu guru mengobrol. Tapi memang Ayla biasanya lebih banyak diam aja sih. Terus Ayla dapat kabar kalau salah satu muridnya akan susulan besok. Oke, gapapa, gas aja. Gak kerasa, kegiatan di sekolah hari itu udah selesai. Jam 11, Ayla memutuskan buat balik dulu ke rumah, rebahan bentar (emang kaum-kaum rebahan).
[Pergi ke Bimbel]
Ayla cuma bisa rebahan sebentar karena jam 12.30 udah harus berangkat lagi. Habis rebahan, Ayla makan siang, sholat Dzuhur, touch up makeup, dan langsung berangkat lagi ke bimbel.
Sampai di bimbel, ternyata anak-anak muridnya udah pada datang, tinggal sisa satu aja. Pelajaran pertama adalah kelas membaca-menulis. Semua berjalan lancar. Kelas kedua adalah matematika, dan matematika itu juga berjalan lancar.
Kelas ketiga juga matematika, di mana di kelas ketiga ini mulai ada konflik dengan murid. Ada murid yang memang anaknya sulit banget dipahami perasaannya karena dia pendiam. Kadang-kadang dia bisa nangis tanpa Ayla tahu apa yang sebenarnya terjadi. Pas ditanya, dia diam aja, gak mau ngomong. Jadi Ayla bener-bener bingung kalau dia udah diam seribu bahasa dan malah nangis.
Ayla gak tahu salahnya apa. Awalnya dikira anak itu gak enak badan karena pas dipegang, badannya anget. Tapi ternyata bukan. Ayla gak tahu harus gimana. Apalagi di kelas itu ada anak yang luar biasa aktif, yang seneng banget teriak-teriak dan jalan-jalan ke sana kemari. Ayla harus bisa membagi perhatian antara anak yang aktif itu dengan anak-anak lainnya dan itu sangat sulit. Karena kalau gak diperhatiin, si anak super aktif itu benar-benar akan berulah dan membuat keributan. Kelas itu bikin Ayla pusing tujuh keliling.
Sepertinya dari anak-anaknya juga gak cocok disatuin, karena tiga anak pendiam vs satu anak hiperaktif... anak-anak pendiam pasti juga gak suka disatuin sama anak yang berisik dan pasti akan mempengaruhi mood mereka.
Anak itu benar-benar gak mau dipegang, gak mau ngomong sama Ayla, gak mau deh interaksi. Ayla agak kesel, akhirnya dia diemin aja. Terserah mau apa, Ayla gak paham sama perasaannya. Akhirnya kelas tetap dilanjutkan sampai selesai, sampai si anak akhirnya dibimbing Bu Ustadzah buat ikut kelas ngaji, karena memang setelah kelas Ayla itu, mereka lanjut kelas ngaji.
Jeleknya Ayla, dia gak bisa banget buat ngerti perasaan anak. Ayla ngerasa, dia gak bisa punya koneksi batin sama mereka. Gak bisa punya perasaan menyayangi dengan penuh kelembutan. Dan gak bisa bohong juga, kadang Ayla gak bisa pura-pura untuk selalu keliatan ceria dan positive vibes.
Ada kalanya Ayla lelah menghadapi dunia anak yang dinamis dan sering berganti-ganti mood-nya. Rasanya kayak… dia emang gak cocok sama dunia ini. Gak cuma capek fisik, tapi juga capek batin.
[Pulang]
Akhirnya bimbel selesai pukul 17.00. Ayla langsung sholat Ashar lalu pulang ke rumah. Pengen cepet-cepet ketemu kasur. Sampai ke rumah pas adzan Maghrib. Habis sholat Maghrib, Ayla langsung rebahan dengan nikmat. Sambil rebahan, pikirannya melayang ke segala tingkah laku anak-anak yang tidak dimengerti.
Apa wajar seorang guru gak bisa mengatasi muridnya?
Apa wajar seorang guru gak ngerti sama muridnya?
Berkali-kali Ayla merasa kalau dia gak pantes di bidang ini. Merasa udah berusaha, tapi hasilnya selalu bukan yang terbaik.
No comments:
Post a Comment